Ingin Poligami Tanpa Izin Istri Pertama … Buat Saja KTP Ganda

Di hari awal-awal puasa Pendi, 35, sudah mengukir dosa baru. Bagaimana tidak, diam-diam dia memiliki KTP ganda. Dari sini lalu terbongkar bahwa dia punya istri muda. Keruan saja Ny. Hasnah, 29, mencak-mencak dan langsung saja melapor ke Polres Jombang. Pendi kini mendekam di sel.

Lelaki paling kemaruk se Kabupaten Jombang (Jatim) mungkin hanya Pendi seorang. Dulu waktu bujangan, menikah sampai nelat-nelat. Tapi begitu tahu asyik dan enaknya punya istri, jadi ketagihan dan pengin koleksi bini lebih dari satu. Kini dia menganggap istri tak ubahnya sepeda saja, biar tak mudah bosan sengaja koleksi dua kendaraan. Bila jenuh dengan yang Fongres, ganti nyemplak yang Humber. Tapi maukah perempuan diperlakukan seperti sepeda?

Saat bujangan dulu, sampai usia 30 tahun lelaki dari Desa Celep Kabupaten Sidoarjo ini belum juga menikah. Alasannya macam-macam, yang penghasilannya belum memadailah, yang tak ada perempuan yang maulah. Tapi ketika dijodohkan keluarga dan menikah, ternyata punya istri itu mengasyikkan ya. Bayangkan, makan minum sudah ada yang menyiapkan, tidur ada yang menemani. Dan yang paling mengubah gaya kehidupan Pendi, sejak punya istri dia tak pernah tidur pakai selimut!

Ketika anak pertama sudah lahir, ternyata selera Pendi meningkat. Dulu punya istri Hasnah sudah nrimo, karena dia wanita yang bekti ing laki (setia pada suami). Tidak pernah macem-macem, seberapapun penghasilan yang diserahkan suami, diterima dengan rasa syukur. Hasnah tak pernah membandingkan dengan penampilan keluarga-keluarga lain. Tetangga punya TV 100 inch dia tak pernah ngiri, cukup puas dengan TV-nya 18 inch miliknya, yang ketika dinyalakan harus dikeplak dulu.

Tapi sejak kenal dengan gadis Sofia, 23, gadis dari Desa Candimulyo Kecamatan Jombang, pikirannya berobah drastic. Ternyata Hasnah ini nggak ada apa-apanya. Sofia jauh lebih cantik dan penampilannya kekinian, rambutnya disemir coklat tua, dan tampak makin cantik saja.Ingin sekali Pendi untuk memiliki gadis itu. Tapi bagaimana ya, status dirinya kan sudah menikah. Apa lagi sebagai pegawai negeri, dilarang poligami. “Banyak jalan lain menuju Roma, Bleh…..,” kata setan member solusi.

Bersama setan, Pendi lalu merencanakan cara-cara terbaik mendapatkan Sofia, sekaligus mengantisipasi reaksi istri di rumah. Menurut petunjuk bapak setan, saat mendekati Sofiah harus mengaku bujangan. Bagaimana kalau dia minya bukti berdasarkan dokumen pribadi, kata setan lagi: ya nembak lah! Di mana pula nembaknya? Ya keluar kotalah. Pendi pun lalu ingat bahwa punya kenalan lama di Ciamis, Jawa Barat. Demi aspirasinya untuk Sofia, dia pun pesen KTP baru di Ciamis.

Dengan KTP baru berstatus bujangan, ternyata dia mudah saja mendekati Sofia. Dan paling mujur, dia tak keberatan dipacari Pendi, asalkan segera dinikahi.  Maka tanpa banyak tetek bengek, denga modal KTP palsu itu dia berhasil mempersunting Sofia yang putih dan seksi itu. Kehidupan Pendi pun makin ceria, karena ibaratnya kini dia punya dua kendaraan sekaligus. Bisa nyemplak sana, bisa ngontel sini.

Tempat tinggalnya pun dua tempat, ya di Sidoarjo ya di Jombang. Beberapa hari lalu saat Hasnah mencuci baju suami, dia kaget menemukan 2 KTP atas nama suaminya semua. Makin kaget lagi, yang domisili Sidoarjo status menikah, yang domisili Ciamis status bujangan. Pendi pun lalu diinterogasi untuk menunjukkan apa latar belakang semua itu. Dasar dia tak bakat maling, ucapannya pating pecocot sehingga kemudian muncul pengakuan bahwa punya istri baru di Jombang. Keruan saja Hasnah tak terima dibohongi, sehingga dia melapor ke Polres Jombang dengan tuduhan poligami tanpa izin.

Istri dobel, otaknya mesti juga rangkap, Bleh….!

This entry was posted in Poligami. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s